January 29, 2023
Penandatanganan Serie A musim ini! Lookman membuktikan nilai untuk Atalanta & Nigeria dengan dua gol melawan Juventus

Penandatanganan € 9 juta dari RB Leipzig mencetak dua gol dalam hasil imbang 3-3 di Turin pada Minggu malam, yang berarti dia sekarang memiliki 10 gol dalam 11 pertandingan Serie A terakhirnya

Juventus benar-benar membutuhkan kemenangan pada Minggu malam. Ini adalah minggu yang sulit.

Mereka menghabiskan bagian pertama untuk menerima kekalahan 5-1 yang memalukan di Napoli, secara efektif mengakhiri harapan mereka untuk mengejar pemimpin Serie A yang melarikan diri di puncak klasemen.

Namun, pada hari Jumat, segalanya berubah dari buruk menjadi lebih buruk, ketika Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) mengumumkan bahwa Nyonya Tua telah dikurangi 15 poin karena penyimpangan keuangan terkait transfer baru-baru ini.

Dalam waktu tujuh hari, Juve telah berubah dari penantang gelar menjadi juga-ran.

Bahkan harapan mereka untuk finis di empat besar – yang sangat penting bagi klub dalam situasi keuangan yang begitu rapuh – telah terkatung-katung.

Juve, kemudian, sangat membutuhkan tiga poin berharga melawan Atalanta.

Namun, mereka harus puas dengan satu gol, di akhir hasil imbang 3-3 yang tidak banyak berpengaruh bagi prospek empat besar Juve, tetapi hanya memperkuat klaim Ademola Lookman atas gelar penandatanganan Serie A musim ini.

Paling tidak, pemain sayap Atalanta ini adalah penyerang paling bugar di liga saat ini.

Memang, saat Juve mengalami salah satu minggu terburuk sepanjang sejarah mereka, Lookman menikmati minggu terbaik dalam karirnya.

Dia mencetak enam gol dalam tiga pertandingan di semua kompetisi, termasuk dua gol di Turin yang membuat golnya menjadi 10 gol dalam 11 pertandingan Serie A terakhirnya.

Tendangan pertamanya melawan Juve tidak dapat disangkal kebetulan, dengan Wojciech Szczesny melakukan upaya mendatar dari sayap kanan.

Yang kedua, bagaimanapun, adalah sundulan yang menakjubkan yang membuatnya mengatur waktu berlari melintasi penandanya dengan luar biasa sebelum menyesuaikan tubuhnya dengan cemerlang untuk mengarahkan bola ke belakang jaring.

Itu adalah gol yang menggambarkan seberapa besar kepercayaan dirinya saat ini, yang luar biasa bagi pemain yang dianggap surplus untuk persyaratan di RB Leipzig setelah masa peminjaman di Fulham dan Leicester.

Tapi Lookman tidak pernah kehilangan kepercayaan pada kemampuannya, bahkan di masa-masa sulit.

Dia diejek secara luas karena kegagalan Panenka di Fulham tiga tahun lalu dan secara terbuka mengakui bahwa kegagalan itu membuatnya hancur.

Namun, produk akademi Charlton juga berbicara tentang mencoba mengubah pengalaman yang sangat negatif menjadi positif, menggunakan rasa sakitnya untuk memotivasi dirinya, untuk berkembang sebagai pemain dan pribadi, dan terlambat menyadari potensi besar yang terlihat jelas selama Under- 20 Piala Dunia 2017.

Untungnya, dia mungkin hampir melakukan hal itu, mungkin akhirnya tiba di klub yang tepat pada waktu yang tepat.

Dia tentu merasa dia bermain untuk pelatih yang tepat, setelah baru-baru ini menyebut Gian Piero Gasperini sebagai manajer terbaik yang pernah dia tangani, meski baru bergabung dengan Atalanta musim panas lalu.

Gasperini juga tertarik dengan Lookman, yang ditandatangani atas rekomendasi Lee Congerton.

Pemain asal Wales, yang bergabung dengan Atalanta tahun lalu sebagai kepala pengembangan internasional, pernah bekerja dengan Lookman di Leicester dan yakin dia akan cocok untuk merek sepak bola Gasperini.

Dia tidak salah. Lookman sekarang memiliki 11 gol di Serie A musim ini – hanya pemain Napoli Victor Osimhen yang memiliki lebih banyak.

Itu jelas menjadi penyebab perayaan untuk Atalanta, tetapi juga Nigeria.

Lookman lahir dan besar di Inggris. Namun, kedua orang tuanya berasal dari Nigeria dan dia menyatakan untuk Super Eagles tahun lalu.

Dengan demikian, penampilannya yang bagus merupakan dorongan besar bagi negara yang ingin pulih dari kekecewaan karena gagal lolos ke Piala Dunia tahun lalu.

Memang, ada perasaan bahwa akan ada lebih banyak lagi yang akan datang dari Lookman.

Gasperini bersikeras bahwa dia memiliki semua atribut yang dibutuhkan untuk menjadi bintang penyerang besar Atalanta berikutnya.

“Dia selalu tahu apa yang harus dilakukan,” kata Gasperini. “Dia bergerak dengan baik, dia cepat, dia memiliki teknik yang bagus.

“Selain gol, yang penting adalah kontribusi yang dia berikan secara konsisten.

“Dia anak yang sudah mengerti banyak hal, bagaimana bergerak, bagaimana bermain, bagaimana berlatih.

“Dia menghabiskan waktu untuk berkembang di Leipzig dan itu adalah sekolah yang hebat, jadi bagi kami, dia benar-benar rekrutan yang hebat.”

Memang, Atalanta hanya membayar €9 juta (£8 juta/$10 juta) untuk pembukaan musim Serie A sejauh ini.

Pada malam ketika banyak pembicaraan di Turin berpusat pada keuntungan modal buatan, Lookman membuktikan dirinya sebagai pembelian yang sangat murah.

Leave a Reply